Bangga Sebagai Muslim

SHARE

Pernahkah terpikirkan bahwa terlahir menjadi seorang muslim adalah karunia terbesar?. Namun, mengapa masih saja ada yang berbangga dengan keturunan, jabatan dan hartanya. Coba kita perhatikan sedikit saja dari karunia besar itu.

Seorang muslim artinya tunduk dan patuh hanya kepada Allah semata. Tuhan Yang Esa, tidak beranak dan tidak diperanakkan (baca: tidak dilahirkan). Tuhan yang menciptakan langit dan bumi dalam enam hari, yang penciptaan itu lebih rumit dari penciptaan manusia. Kemudian kelak manusia akan kembali kepada Nya dan semuanya menjadi kekal. Masih kurang dengan penjelasan ini?

Seluruh keterangan di atas bersumber dari kalam Allah, sehingga tidak ada keraguan atasnya. Lalu demikian apa hubungannya dengan terlahir sebagai muslim adalah karunia besar??

Baca juga:  Menaikan Kadar Iman

Sebagai seorang muslim artinya manusia itu telah berada di jalur yang lurus dan benar. Allah adalah Tuhan, Nabi Muhammad SAW adalah nabinya, Al Qur’an adalah kitabnya, Ka’bah adalah kiblatnya, dan Islam adalah agamanya. Selama ke lima nya teguh dalam dirinya, maka ia tergolong manusia yang akan diselamatkan pada akhirnya. Juru selamat bukan lah dari manusia, sebab Allah lah pemberi ampunan.

Jika seseorang sudah memahami dirinya dan berislam secara benar, maka ia tidak lagi merasa cemas, takut dan khawatir bahwa dunia dan isinya akan menghancurkannya. Sebaliknya, ia akan memandang dunia seperlunya, tidak berusaha memiliki dunia tapi justru berupaya mengisi dunia dengan kebaikan.

Baca juga:  Menanggapi Berita Hoax Dalam SosMed

Selayaknya padi semakin berisi akan semakin merunduk. Semakin paham siapa diri ini, maka berbangga dirilah sebagai seorang muslim. Namun, jauhi perbuatan dan ucapan yang merendahkan keyakinan orang lain dan merendahkan tuhan-tuhan mereka, sebab itu lah justru merendahkan Allah, Tuhan Yang Maha Esa.

Allahua’lam bishawab.

*Tsabita1

SHARE
Hubungi
0819 9062 5333
Whatsapp